Sejatinya mobil yang ada di Dunia ini terbagi oleh dua kategori mesin, bensin dan Diesel. Mobil bermesin bensin menjadi salah satu mobil yang sangat digemari di seluruh dunia. Jumlah produksinya pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan mesin Diesel.

Hal itu dikarenakan mesin bensin dianggap memiliki emisi gas buang yang lebih baik dibandingkan dengan mesin Diesel. Tapi jangan salah, lho, mesin Diesel modern saat ini juga punya emisi gas buang yang juga jauh lebih baik dibanding mobil Diesel di era 1990-2000-an. Pasalnya emisi gas buang menjadi salah satu konsentrasi para produsen otomotif untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Ada alasan menarik mengapa mobil Diesel seharusnya menjadi salah satu mobil yang ada punya. Mobil Diesel terkenal memiliki torsi besar dan juga perawatan yang minim. Selain itu, konsumsi bahan bakar mobil bermesin Diesel juga lebih irit dibandingkan dengan mobil bermesin bensin.

Bagi pecinta mesin Diesel, suara khas yang dihasilkan oleh mesin ini dianggap menjadi karakter kuat saat mengendarai mobil Diesel. Soal harga, mesin Diesel dan bensin tidak memiliki selisih yang besar. Agar pandangan Anda lebih lengkap mengenai mobil Diesel, kami akan memberikan beberapa referensi mobil bermesin Diesel yang bisa dipilih.

Lebih lengkapnya, berikut Carmudi berikan lima mobil diesel terbaik yang bisa Anda beli di kuartal pertama tahun 2017 (artikel terupdate pada tahun 2018).

1. Toyota Kijang Innova

[102] Toyota Innova


Toyota menghadirkan All-New Kijang Innova dalam tiga varian, yakni G, V, dan Q.

Segmentasi pasar juga sudah berubah, di mana All New Toyota Kijang Innova kini mengincar kalangan keluarga menengah ke atas.

Konsep desain dari Toyota Kijang Innova 2016 memerlihatkan kesan sebagai kendaraan keluarga yang mewah dan tangguh. Sisi eksterior menjadi area yang paling banyak dijamah dan mengalami perubahan, mulai dari bagian fasia hingga ke area buritan.

Desain interior Toyota Kijang Innova mengadopsi konsep seperti layaknya sebuah ruang keluarga atau living room. Begitu memasuki area kabin, suasana yang menyapa sudah seperti di rumah sendiri dan bukan sedang berkendara.

Adapun varian diesel pada Kijang Innova memakai mesin 2 GD FTV 4 Cylinder In-Line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.400 cc.

Ketika membicarakan mengenai efisiensi bahan bakar, Toyota Kijang Innova terbaru termasuk cukup irit.

Adapun varian diesel pada All New Kijang Innova dijual dengan rentang harga Rp. 318.500.000 sampai Rp. 410.800.000. Sementara itu, harga bekasnya berada di kisaran Rp 167 sampai 250 jutaan.

2. Toyota Fortuner

[102] Toyota Fortuner


Toyota mulai mempopulerkan mesin diesel di banyak lini modelnya.

Selain Innova, raksasa otomotif asal Jepang ini menambah varian diesel pada Fortuner.

Desain Toyota Fortuner terbaru memiliki desain yang makin ciamik dengan floating roof dan Bi-Beam LED Headlamp merepresentasikan sebuah SUV modern.

Varian diesel ini memakai mesin 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 149.6 PS pada 3.400 rpm, dengan torsi maksimumnya mencapai 40.8 kg-m pada 1.600 – 2.000 rpm.

Sistem asupan bahan bakar yang disematkan berupa model commonrail.

Ada dua pilihan penggerak roda, yakni 4x2 dan 4x4, dengan opsi transmisinya otomatis 6-percepatan dan manual 6-percepatan.

Menyoal harga, Toyota Fortuner dijual antara Rp 460 sampai 509 jutaan, sedangkan versi bekasnya antara Rp 350 sampai 400 jutaan.

3. Isuzu Panther

[102] Isuzu Panther


Berbicara soal mobil keluarga bermesin diesel, tentu tidak afdol jika tidak membahas merek Isuzu.

Merek asal Jepang ini mengandalkan Panther untuk kelas MPV tujuh penumpang.

Kiprah Panther sudah lebih dari 20 tahun berada di Indonesia.

Mesin diesel yang terkenal tangguh dan jarang rewel, menjadi nilai plus untuk mobil ini.

Konsistensi tinggi Isuzu Panther dalam menggunakan mesin diesel patut diacungi jempol.

Selain karena mesin diesel memiliki torsi yang besar, harga solar di Indonesia pun lebih murah ketimbang harga bensin yang digunakan oleh mesin bensin mobil pada kebanyakan.

Performa mesin yang mantap, kabin yang lapang dan nyaman, serta kapasitas bagasi yang cukup lega menjadi keunggulan Panther.

Namun, model bodinya yang masih kaku menjadi salah satu kekurangan yang terdapat pada Panther.

Isuzu Panther generasi terbaru dihadirkan dalam lima varian utama, yaitu Smart, LS, LV,Touring, dan Grand Touring.

Untuk urusan dapur pacunya, Panther generasi terbaru ini dibekali model mesin 4JA1L dengan turbocharger dan menggunakan sistem injeksi Diesel Direct Injection.

Mencangkok mesin berkapasitas 2.499 cc, tenaga maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 80 dk pada 3.500 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 19.5 kg-m pada 1.800 rpm.

Isuzu Indonesia memasarkan Panther dengan harga antara Rp 260.000.000 sampai Rp 315.500.000. Adapun harga jual bekasnya berkisar antara Rp 120 sampai 237,5 jutaan.

4. Isuzu MU-X

[102] Isuzu Mu-x


Mobil bermesin diesel lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Isuzu MU-X.

SUV berkapasitas tujuh penumpang ini kiprahnya termasuk paling muda dibanding tiga model di atas.

Isuzu tak ingin ketinggalan mengisi ceruk tersebut dengan menghadirkan MU-X pada pertengahan 2014 lalu.

Isuzu MU-X dimunculkan sebagai mobil perkotaan yang sanggup juga bertindak sebagai kendaraan penjelajah.

Dibekali dengan mesin berperforma tinggi dan irit bahan bakar, MU-X juga terbilang sangat aman dan nyaman untuk dikendarai.

Isuzu MU-X mengadopsi mesin 4JK1-TC Hi-Power 4 silinder segaris, DOHC 16 katup dengan kapasitas 2.499 cc.

Mesin MU-X juga sudah dibekali dengan Turbocharge Intercooler VGS (Variable Geometry System), yang sanggup menyemburkan tenaga 136 PS pada putaran 3.600 rpm dengan torsi puncaknya mencapai 32.6 kgm pada putaran antara 1.800-2.800 rpm.

Sederet fitur keamanan telah diadopsi mobil ini seperti Anti-lock Brake System, Electronic Brakeforce Distribution, Electronic Stability Control, Traction Control System, dan Brake Assist.

Isuzu MU-X hadir ke Indonesia dalam dua tipe yakni Standard seharga Rp 448.000.000 dan Premiere seharga Rp 478.000.000. Adapun versi bekasnya dijual dengan rentang harga antara Rp 350 sampai 375 jutaan.

5. Nissan Navara

[102] Nissan Navara


Pada tahun 2005 hingga saat ini, Nissan Navara ramai dikenal masyarakat Indonesia.

Selama debutnya di Indonesia, Nissan Navara menjadi salah satu mobil yang cukup difavoritkan di kelasnya. Pada Juni 2014 lalu, Nissan memerkenalkan D23 Navara, yang merupakan pikap generasi ke-12. Meski begitu, D23 tak terindikasi sebagai pengganti D40.

Nissan Navara menggunakan sistem penggerak 4x4 yang bisa diatur menjadi 4x2 dengan menggunakan drive select mode.

Mengandalkan sistem electronic power steering, Nissan Navara sanggup memberikan akurasi kontrol mengemudi yang baik.

Nissan Navara terbaru mengusung mesin bertipe YD25DDTi, commonrail turbo intercooler diesel, berkapasitas 2.5 liter, 4WD dengan pengaturnya model rotary, dan mencangkok anti slip LSD.

Untuk tenaga yang dimuntahkan sebesar 174 PS pada 4000 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 41 kgm pada 2000 rpm.

Untuk transmisinya disodorkan dua pilihan, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Sistem suspensi mobil ini yang ditopang double wishbone coil spring (depan) dan leaf spring with shock absorber (belakang), yang mengakibatkan Nissan Navara mantap digunakan di segala medan jalanan, baik itu on-road ataupun off-road.

Nissan Navara dijual dengan rentang harga antara Rp 380.000.000 sampai Rp 430.000.000 dalam kondisi baru.

Sementara itu, unit bekasnya dijual berkisar antara Rp 280 sampai 310 jutaan.