Masyarakat Indonesia terkenal akan kebersamaannya. Dalam memilih mobil, konsumen biasanya mencari kapasitas angkut besar.

Kendaraan dari jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi favorit konsumen yang biasa bepergian bersama keluarga besarnya.

Mobil dengan kapasitas muat banyak lebih digemari di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan orang Indonesia lebih mengutamakan keluarga dibandingkan ego yang dimiliki.

Mobil keluarga 7 penumpang salah satunya. Banyak masyarakat Indonesia yang membeli mobil berkapasitas 7 penumpang agar dapat memuat banyak orang pada saat bepergian jauh.

Di Indonesia, mobil dengan kapasitas 7 penumpang cukup banyak. Hampir semua pabrikan otomotif yang ada di Indonesia menjual mobil yang memiliki kapasitas 7 penumpang.

Untuk itu, berikut Carmudi berikan lima MPV tujuh penumpang terbaik yang bisa Anda beli di semester kedua tahun 2018.

1. Toyota Avanza

[101] Toyota Avanza


MPV sejuta umat ini kali pertamanya diluncurkan pada ajang Gaikindo Expo pada 2003 silam, dibanderol dengan harga sekitar Rp60-100 jutaan.

Nama Avanza di ambil dari bahasa Italia, Avazanto, yang berarti Advance atau maju.

Sejak awal rilis, demand Avanza sangat tinggi, mampu terjual lebih dari 100 ribu unit.

Toyota pada 2015 melahirkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz sebagai generasi baru dari Avanza.

Selain evolusi pada sisi desain yang kini berwajah ala bahasa desain anyar Toyota, pembaharuan juga meliputi teknologi mesin.

Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz dijejali mesin baru 1.300 cc dan 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih irit dan bertenaga.

Untuk mesin 1.300 cc berkode 1NR-VE, dan 1.500 cc berkode 2NR-VE. Mesin 1.300 cc menghempaskan tenaga sebesar 96.5 dk, dengan versi mesin 1.500 cc sanggup memuntahkan sekitar 104 dk.

Catatan ini jauh meninggalkan performa mesin lawas, yang kisaran tenaganya hanya mencapai 92 PS.

Kedua mesin ini dikawinkan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Toyota Avanza memiliki fitur yang makin mumpuni dan bervariasi dengan inovasi dan teknologi terkini seperti Sistem audio terbaru layar sentuh 6.1 inci, DVD/CD/AM/FM/USB/Aux/Bluetooth/iPod, Desain combimeter terbaru, One touch tumble untuk mempermudah pengaturan kursi.

MPV ini dijual dengan rentang harga Rp 185.700.000 sampai Rp 216.100.000 dalam kondisi baru. Sementara itu, kondisi bekasnya dijual di kisaran Rp 120-150 jutaan.

2. Daihatsu Xenia

[101] Daihatsu Xenia


MPV favorit lainnya yang bisa Anda lirik yaitu Daihatsu Xenia.

Daihatsu meluncurkan Xenia berbarengan dengan Toyota saat merilis Avanza.

Permintaan pasar yang masif akhirnya membuat Daihatsu pada pertengahan 2006 mengeluarkan Xenia model baru atau generasi kedua, yang merupakan pengembangan dari model sebelumnya.

Perbedaan yang mencolok ada di area dapur pacu, jika sebelumnya mengusung mesin 1.3L (Xi) dan 1.0L tiga silinder (Mi dan Li), untuk tipe terbaru menggondol tipe mesin VVT-i.

Penjualan Xenia juga terbilang cukup impresif, di mana pada 2004 total penjualannya mencapai 22.006 unit dan pada 2005 meningkat menjadi 27.505 unit.

Varian Xenia terbaru dibagi menjadi empat, yaitu D, M, X, dan R.

Varian ini mengalami perubahan dari sebelumnya yang berupa Xi, Li, dan Mi.

Untuk varian D, M, dan X disediakan transmisi manual dengan 5 percepatan.

Sedangkan untuk varian Xenia R tersedia dalam dua tipe transmisi, manual dengan 5-percepatan dan otomatis dengan 4-percepatan.

Sementara itu, untuk model M, X, dan R dibagi lagi ke dalam beragam varian, yakni Deluxe, Sporty, dan Attivo (hanya untuk tipe R).

Perbedaan dari keempat varian tersebut hanya pada segi desain eksterior dan fitur-fitur pendukungnya.

Area kabin menjadi bagian yang cukup banyak mendapatkan sentuhan, karena dimaksudkan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Setir juga tak luput mendapatkan sentuhan terbaru. Desain terbaru membuat setir terlihat lebih moderen, sporti, dan ergonomis.

Daihatsu Xenia dijual dengan rentang harga Rp 155.650.000 sampai Rp 209.800.000 dalam kondisi baru. Sementara itu, kondisi bekasnya dijual di kisaran Rp 120-140 jutaan.

3. Suzuki Ertiga

[101] Suzuki Ertiga


Suzuki telah malang melintang sejak lama dengan berbagai produk van atau MPV.

Khusus untuk MPV tujuh penumpang, merek berlogo huruf S ini memperkenalkan Ertiga.

Mengusung konsep sebagai kendaraan keluarga yang dilengkapi dengan fitur-fitur andalan, Ertiga langsung mendapatkan respon positif bagi konsumen otomotif di Tanah Air.

Minibus keluarga yang mengandung unsur kendaraan aman, mewah, irit, dan nyaman.

Perubahan yang dilakukan pada area fascia Suzuki Ertiga 2016, membuat mobil MPV 7 penumpang ini terlihat semakin trendi dan elegan.

Kursi baris ketiga juga mendapatkan sentuhan, di mana kini bisa dilipat dengan komposisi 50:50 sehingga sanggup menambah ruang bagasi menjadi lebih luas lagi.

Suzuki Ertiga merupakan MPV kompak lansiran Suzuki ini kali pertamanya diluncurkan pada akhir tahun 2012 lalu dalam tiga varian, yakni GX, GA, dan GL.

Mendapatkan tanggapan yang cukup positif dari masyarakat Indonesia, membuat Suzuki memutuskan untuk menggelontorkan varian tertinggi dari Ertiga, yakni Suzuki Ertiga Dreza.

Keempat model Suzuki Ertiga tersebut mengusung tipe mesin yang sama, dan dibenamkan model transmisi dengan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Suzuki Ertiga tersedia dengan rentang harga Rp 184.000.000 sampai Rp. 224.500.000 dalam kondisi baru.

Sementara itu, kondisi bekasnya dijual di kisaran Rp 124-174 jutaan.

4. Toyota Calya

[103] Toyota Calya


Pendatang baru dari Toyota yang satu ini langsung mendapat respon positif dari konsumen.

Bagaimana tidak, Calya dipasarkan di kelas LCGC namun mengusung spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan saudaranya yakni Avanza.

Nama besar Toyota juga menjadi bukti jaminan layanan purna jual.

Dari sisi penampilan, Calya memperlihatkan desain modern yang begitu stylish sehingga jauh dari kesan murahan.

Melihat sosok Calya, bisa terbayang kombinasi Avanza-Innova.

Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan Toyota Avanza.

Sisi buritan bergaya ala All New Innova dengan lampu berdesain boomerang yang dikombinasikan dengan reflector horizontal di pintu bagasinya.

Urusan tenaga, Toyota hanya menyiapkan satu mesin untuk Calya, yakni 1.200 cc dengan kode 3NR.

Mobil keluarga 7 penumpang ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan serta fitur hiburan yang tentunya akan membuat pengguna merasa nyaman saat perjalanan jauh.

Toyota Calya dijual dengan rentang harga Rp. 132.450.000 sampai Rp. 150.000.000 dalam kondisi baru. Sementara itu, kondisi bekasnya dijual di kisaran Rp 77 jutaan.

5. Daihatsu Sigra

[103] Daihatsu sigra


Daihatsu Sigra memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm.

Dengan kata lain, mobil ini hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm bila dibandingkan dengan Xenia.

Desainnya secara sekilas cukup mirip dengan kakaknya itu, namun dengan ukuran yang lebih kompak.

Urusan tenaga, Daihatsu menyiapkan dua mesin untuk Sigra, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc.

Mobil keluarga ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan serta fitur hiburan yang tentunya akan membuat pengguna merasa nyaman saat perjalanan jauh.

MPV murah ini dijual dengan rentang harga Rp 106.600.000 sampai Rp 147.350.000 dalam kondisi baru. Sementara itu, kondisi bekasnya dijual di kisaran Rp 90 jutaan.