Carmudi.co.id
Carmudi.co.id App
Predict the Price of Your Vehicle
Get

Proses Perpanjang STNK

Proses Perpanjang STNK

Kita semua pasti sudah tahu dan paham betul mengenai fungsi STNK. Kepanjangan kata STNK sendiri adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan akan beda lagi dengan perpanjangan STNK. Nah, baik STNK mobil, motor atau kendaraan bermotor apapun butuh perpanjangan masa berlakunya. Setiap proses perpanjangan STNK ini kita akan pergi ke kantor SAMSAT. Namun anda harus hati-hati, ketika anda tiba di kantor SAMSAT ini tidak jarang anda akan dipanggil- panggil oleh orang yang tidak anda kenal. Ya, dialah calo. Calo tersebut akan menawarkan sebuah jasa untuk mengurusi perpanjangan STNK anda, dan sudah pasti biaya yang perpanjangan STNK anda akan lebih besar. Sering kali jasa calo ini masih saja sering digunakan, hal ini disebabkan karena pemahaman kita akan proses perpanjangan STNK yang terbatas. Padahal pihak SAMSAT sendiri telah memberikan sosialisasi proses perpanjangan tersebut. Untuk menghindari penggunaan jasa calo yang justru merugikan kita, dan sebagai warga negara yang baik pula alangkah baiknya kita pahami proses perpanjangan STNK ini. Perpanjangan STNK ada 2 macam, yakni perpanjangan tahunan dan perpanjangan 5 tahunan (ganti plat nomor). Dari kedua macam perpanjangan STNK ini tentu akan memiliki sedikit perbedaan dari prosesnya. Agar lebih jelas kita simak ulasan berikut ini.

Perpanjangan Tahunan

Sebenarnya cukup mudah untuk mengikuti tahapan proses perpanjangan STNK tahunan. Berikut adalah prosedur/ mekanisme mengurus perpanjangan STNK tahunan:

  1. Langsung pergi ke loket. Biasanya di sini anda akan banyak dipanggil oleh para calo. Padahal, di loket ini tertera juga prosedur dan mekanisme proses perpanjangan STNK anda.
  2. Mintalah pada petugas yang berada di loket sebuah formulir pengajuan perpanjangan STNK. Petugas tersebut kemudian akan memberikan sebuah formulir perpanjangan STNK. Isi oleh anda dengan lengkap.
  3. Setelah formulir diisi dengan lengkap, sertakan juga lampirannya. Lampirannya adalah:
    • STNK Asli dan Fotokopi
    • Fotokopi BPKB (Bagi kendaraan kredit bisa minta fotokopi BPKB ke leasing dengan legalisir)
    • KTP asli dan Fotokopi (usahakan alamat dan data diri lainnya sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB anda).
  4. Setelah anda menyerahkan formulir dan lampiran- lampirannya, anda akan diberikan slip pembayaran pajak kendaraan tahunan.
  5. Bayarkan pajak tersebut ke kasir sesuai dengan jumlah yang tertera pada slip pembayaran pajak kendaraan anda tersebut. Kemudian anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak. Bukti tersebut untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk pengambilan STNK yang baru.
  6. Silahkan anda tunggu hingga nama anda dipanggil dan STNK anda pun telah diperpanjang selama satu tahun ke depan.

Mudah bukan?

Perpanjangan 5 Tahunan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, persyaratan yang diperlukan dalam perpanjangan STNK 5 tahunan tidak jauh berbeda dengan perpanjangan tahunan. Pada perpanjangan STNK 5 tahunan ini akan dilakukan cek fisik pada kendaraan anda. Maka dari itu, jangan langsung parkir kendaraan anda dulu ketika anda datang ke SAMSAT. Segera bawa kendaraan anda ke bagian Cek Fisik Kendaraan. Petugas di sana telah menunggu dan siap membantu anda. Petugas akan mengeluarkan kertas yang ditempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda, lalu digosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul. Biasanya diberi istilah “esek-esek”.

Catatan 1: Jika kendaraan anda adalah model yang tidak umum atau jarang beredar di Indonesia, lebih baik anda telah mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin kendaran anda tersebut. Dengan model kendaraan yang tidak umum tersebut, petugas “esek- esek” tadi belum tentu tahu lokasi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan anda. Berbeda dengan kendaraan yang umum digunakan, seperti mobil Avanza, Innova, APV, Ayla, dll. atau sepeda motor Yamaha Mio, Honda Vario, Beat dll. petugas “esek- esek” tadi tentu sudah hapal dimana letak nomor rangka dan mesinnya. Bahkan biasanya anda hanya tinggal mengawasi karena petugas itu yang turun tangan mengeksekusinya. Catatan 2: Seperti anggapan umum orang kebanyakan, jika kita mengurusi pajak pasti akan berhubungan dengan proses birokrasi pemerintahan yang masih diragukan “kebersihannya”. Biasanya, proses penggesekan nomor rangka dan mesin tidak akan dipungut biaya. Namun jika menurut anda proses tersebut terlihat merepotkan dan menyulitkan (untuk melihat nomor rangka atau mesin harus membuka banyak komponen), untuk menghindari anggapan yang tidak diinginkan, anda bisa mengambil inisiatif untuk memberi uang ke petugasnya. Namun itu kembali lagi pada kerelaan hati anda.

Setelah proses cek fisik selesai, proses selanjutnya akan sama dengan proses perpanjangan tahunan. Namun ditambahkan di sini, pada perpanjangan 5 tahunan, ketika anda menerima STNK anda yang baru yang berlaku untuk 5 tahun ke depan anda juga akan diberi nomor antrian untuk ke loket pengambilan plat nomor kendaraan yang baru. Biasanya anda akan diarahkan ke loket pembuatan plat nomor yang terpisah dari loket penerimaan STNK. Setelah menerima plat nomor tersebut maka selesai sudah proses perpanjangan STNK 5 tahunan anda beserta penggantian plat nomornya.

Untuk Plat Nomor di beberapa SAMSAT saat ini (khususnya di wilayah Jabodetabek) tidak bisa diterima saat itu juga karena antrian pembuatan plat nomor yang sangat panjang. Biasanya plat nomor akan selesai dikerjakan kurang lebih 2-3 bulan setelah anda menerima STNK baru. Untuk itu biasanya petugas akan meminta nomor telepon anda untuk dihubungi kembali bila plat nomor sudah selesai dibuat. Petugas juga akan memberi stempel/ catatan di STNK bahwa plat nomor sedang dalam proses pembuatan, sehingga bila anda diberhentikan petugas Polantas di jalan karena memakai plat nomor yang sudah kadaluarsa, anda dapat menunjukkan catatan tersebut.

Demikian prosedur dan mekanisme proses perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan. Hindari penggunaan jasa calo dan tetap taat pajak sebagai cerminan warga negara yang baik.