Urusan menjual sesuatu hal bukan sekedar berhasil membuat seseorang membeli barang dagangan saja, tetapi lebih daripada itu. Apalagi membicarakan mengenai penjualan mobil.

Mobil yang dijual secara langsung oleh para pemilik mobilnya merupakan penjualan mobil bersifat pribadi.

Karena bersifat pribadi Carmudi menyarakan kepada para Carmudian untuk selalu berhati-hati. Apalagi tidak jarang pembayaran mobil dilakukan melalui sistem cicilan.

Nah, Ketika berhasil menjual mobil secara pribadi, tugas anda tidak berakhir di sini saja tetapi masih banyak pe-er yang harus diselesaikan.

Ini dia PR-PR yang harus anda kerjakan ketika sudah berhasil menjual mobil kepada pembeli.

Surat Jual Beli

Ketika sudah berhasil deal dengan seorang pembeli, jangan langsung girang dulu. Setelah ini pun masih ada tugas lanjutan yang harus diselesaikan yaitu surat jual beli.

Surat jual beli ini merupakan tanda bukti legalitas penjualan yang kamu lakukan.

Masukkan informasi penting di dalam surat tersebut, jangan lewatkan identitas penjual dan pembeli, tanggal pembelian, harga yang sama-sama sudah disepakati oleh kedua belah pihak, kondisi mobil serta spesifikasi yang dimiliki oleh mobil.

Sesudah menyelesaikan surat ini, mintalah pihak pembeli untuk membubuhkan tanda tangan di mana anda juga sudah membubuhkan tanda tangan terlebih dahulu.

Surat ini sangat penting karena dapat dijadikan sebagai bukti bahwa kedua belah pihak sudah menyetujui proses pembelian.

Untuk melihat contoh surat jual-beli mobil, kamu sudah bisa akses melalui dunia maya. Ada banyak sekali referensi yang dapat anda gunakan untuk membuat surat jual beli yang sah.

Jangan lupa selalu memakai materai yang sah, agar surat yang anda buat diakui oleh hukum atau dianggap sah, Carmudian. Poin kecil yang kadang terlupa oleh para penjual mobil.

Surat Kwitansi/Bukti Transfer

Surat ini adalah yang paling penting. Surat ini menandakan bawah pembayaran telah dilakukan oleh pihak pembeli kepada pihak penjual.

Apabila awal pembayaran menggunakan uang muka, maka pastikan uang muka telah sampai di tangan anda.

Apabila pembayaran dilakukan dalam bentuk lain seperti transfer, pastikan bahwa rekening yang anda berikan benar.

Jika tidak ada notifikasi yang masuk ke nomor ponsel anda, lakukan pengecekan ke Bank terdekat.

Mintalah bukti transfer dari pihak pembeli dan simpan di file yang sama dengan dokumen yang telah ditandatangani sebelumnya.

Usahakan untuk selalu menyimpan semua file yang berhubungan di dalam satu folder yang dapat dengan mudah anda akses.

Asuransi Mobil

Seperti halnya asuransi jenis lain, asuransi mobil juga berguna untuk menjamin para pemilik mobil terhindar dari biaya yang lebih besar ketika kendaraan mereka mengalami hal-hal tak terduga seperti kecelakaan.

Saat menjual mobil pribadi kepada orang lain, asuransi pun menjadi salah satu hal penting yang harus segera di urus.

Pada faktanya banyak orang yang menjual mobil mereka, lalu segera membeli mobil baru. Nah, setelah membeli mobil baru segeralah update informasi ke pihak asuransi bahwa mobil anda telah berhasil dijual.

Anda akan diberikan pilihan untuk menghentikan asuransi mobil atau melanjutkan asuransi mobil pada mobil baru yang telah anda beli. Segara lanjutkan asuransi yang anda gunakan untuk menjamin mobil yang anda gunakan.

Asuransi jenis apapun selalu memiliki pro dan kontra. Jika anda memang lebih mengutamakan jaminan terhadap mobil anda, maka gunakanlah asuransi mobil yang sesuai dengan yang anda dan mobil anda butuhkan.

STNK dan BPKB

Jangan lupa bahwa kedua jenis surat ini termasuk surat yang sangat penting untuk pemilik mobil.

STNK sebagai surat tanda nomor kendaraan dan juga BPKB, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor adalah bagian penting saat memiliki sebuah mobil.

Pada kedua dokumen ini tertera data kepemilikan dan jenis kendaraan bermotor yang anda miliki.

Pada saat menjual mobil, lebih baik STNK dan BPKB tidak diserahkan di awal sebelum adanya pembayaran DP atau uang muka. Lebih baik lagi apabila penyerahannya disesuaikan setelah ada kesepakatan dari awal.

Pajak Mobil

Sekarang ini pemerintah sudah memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat Indonesia.

Pengurusan pajak sudah tidak lagi harus ke kantor samsat, tapi sudah bisa dilakukan secara online. Bahkan anda sudah dapat menemukan layanan samsat di mall-mall, juga tempat-tempat lain yang mudah diakses oleh masyarakat.

Jika berhubungan dengan menjual mobil maka ada baiknya segera urus surat-surat pajak mobil dan hal-hal terkait langsung ke kantor samsat terdekat. Lakukan sesegera mungkin ya, Carmudian.

Identitas Pembeli

Satu hal penting lainnya untuk Carmudian ketahui adalah identitas diri si pembeli.

Ada banyak pembeli yang tidak menggunakan identitas aslinya.

Lakukanlah pemeriksaan mengenai identitas para pembeli ini. Cek ktp, orang yang bisa dihubungi dan lokasi tempat tinggal mereka.

Perlu Carmudian ketahui bahwa setiap penjual pasti membutuhkan semua detail mengenai pembeli. Tujuannya hanya satu yaitu menghindari adanya penipuan dari para calon pembeli.

Walaupun mobil anda sudah terjual, bukan berarti pelunasan mobil berlangsung saat itu juga Carmudian. Pilihlah jenis pembayaran yang sama-sama tidak merugikan dan dapat membantu satu sama lain.

Benar kan Carmudian, ternyata masih banyak sekali PR yang harus dilakukan setelah berhasil menjual mobil. Yang berarti banyak tempat yang harus anda kunjungi selama masa mengurus surat-surat ini.

Poin paling penting dalam menjual mobil adalah kehati-hatian, berhati-hati memilih pembeli agar anda tidak tertipu. Untuk anda yang sedang mengurus salah satu hal di atas, semoga semua urusan anda lancar ya, Carmudian.