Ingin segera mengganti kendaraan roda dua Anda menjadi kendaraan roda empat? Bosan dengan keadaan kendaraan dengan AC alam dan panas matahari langsung, Carmudian?

Mungkin ini saatnya Anda benar-benar beralih membeli kendaraan roda empat mu. Memang membeli mobil bukanlah perkara mudah dan juga murah, selain harga yang memang sangat jauh jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua, ketersediaan mobil murah pun belum menjadi solusi yang tepat.

Di tambah jika tabungan Anda belum cukup untuk mendahulukan uang muka dengan besaran yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Sekarang apa yang harus dilakukan, Carmudian?

Uang muka belum terkumpul semua, sedangkan kebutuhan Anda sudah semakin mendesak.

Melakukan pinjaman kepada orang lain juga merupakan langkah yang menurut anda kurang tepat. Nah, di sinilah anda bisa menggunakan jasa bank yang tepat.

Menggunakan jasa bank mungkin adalah langkah yang tepat, untuk lebih meyakinkan kamu, coba cermati 9 alasan mengajukan pinjaman mobil ke bank berikut:

1. Mudah, Cepat dan Jelas

Beberapa bank memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Pengajuan yang tidak ribet serta persyaratan yang sedikit memberikan sangat banyak kemudahan bagi anda yang ingin melakukan pinjaman.

Banyak orang beralih ke bank karena adanya prosedur yang jelas yang dapat anda lihat secara langsung, di mana melalui prosedur ini anda akan mengetahui proses berjalannya pinjaman anda hingga bagaimana prosedur pelunasan yang benar.

2. Tidak ingin menggunakan uang pribadi

Salah satu alasan banyak sekali orang mengajukan pinjaman ke Bank adalah ketika mereka tidak ingin menggunakan uang pribadi untuk membeli benda yang mereka inginkan.

Terkadang adanya kebutuhan lain menyebabkan alasan ini menjadi salah satu alasan yang paling sering digunakan.

Selain itu menggunakan uang dari bank sama seperti menggunakan uang untuk investasi.

Lebih baik menggunakan uang di luar uang pribadi untuk berinvestasi, prinsip ini juga dapat dipakai saat melakukan pinjaman pembelian mobil ke Bank, Carmudian.

3. Terbebas dari Resiko

Melakukan pinjaman ke bank mengurangi resiko yang akan anda terima.

Berbeda jika anda melakukan pinjama kepada rentenir yang bisa memberikan bunga yang sangat tinggi.

Rentenir biasanya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan uang mereka kembali.

Lebih baik anda menghindari peminjaman dari pihak ketiga yang berupa rentenir untuk menghindari masalah pengambilan barang secara paksa, apalagi jika peminjaman tidak memilki surat perjanjian yang jelas antara kedua belah pihak.

Hindarilah resiko-resiko seperti ini untuk menjaga hal-hal yang mungkin menimpa diri anda. Atau gunakan pilihan bank assurance untuk menjaga keluarga anda terbebas dari utang-utang yang mungkin terjadi ketika anda tidak bisa melunasi hutang.

Memang menggunakan pilihan bank assurance ini memiliki biaya yang mahal.

4. Peminjaman yang Terdaftar

Dengan melalukan pinjaman melalui bank maka nama anda terdaftar resmi di bank.

Di mana proses pelunasan yang anda lakukan melalui cicilan tersebut dapat anda trek arah dan tujuannya.

Cicilan yang Anda bayarkan setiap bulan akan tercatat tanpa takut adanya penipuan. Setidaknya anda mengamankan diri sendiri jika melakukan pengaman dari bank.

5. Dapat melakukan pinjaman tanpa agunan

Di mana lagi Anda dapat melakukan pinjaman tanpa agunan?

Tentu saja dengan melakukan pinjaman melalui bank.

Penting anda ketahui bahwa agunan adalah bentuk jaminan yang dapat berupa rumah, surat tanah, SK dari pemerintah jika anda adalah pegawai negeri sipil, kendaraan roda dua dan banyak lagi yang dapat digunakan sebagai jaminan.

Ada juga bank yang mengharuskan pinjaman dengan agunan tergantung dengan syarat yang berlaku.

Ada beberapa syarat untuk anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan salah satunya adalah anda harus sudah terdaftar di bank yang sama dengan bank yang anda ajukan pinjaman.

Syarat lain adalah anda menggunakan kartu kredit minimal satu tahun pada bank yang sama anda mengajukan pinjaman dan tentu saja jika anda menggunakan bank yang sama untuk penggajian dari kantor anda, maka anda dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan.

6. Keuangan Anda yang selalu terbatas

Saat melakukan pinjaman ketahuilah bahwa kemungkinan dana anda selalu terbatas selalu ada.

Anda masih harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain dan biaya-biaya cicilan yang mungkin anda miliki.

Pinjaman dari bank akan membantu anda mengurangi beban anda ketika melakukan pembelian mobil dengan uang yang anda tabung sendiri, dengan kata lain anda memang memiliki hutang terhadap bank, tetapi anda tidak memaksakan keuangan anda untuk melakukan pembelian mobil dengan biaya yang cukup besar di awal pembelian. Malah anda dapat melakukan pembayaran dengan cicilan pada bank.

7. Tidak ada yang bersedia meminjamkan uang

Mencari pinjaman dengan jumlah besar memang susah, apalagi jika dilakukan terhadap individual.

Anda bahkan sudah mencoba berbagai hal seperti penjualan beberapa barang, konsorsium dan lain sebagainya tetapi hasilnya tidak membantu dan ketika Anda menemukan fakta bahwa tidak ada yang bersedia meminjamkan uang kepada anda, maka beralihlah kepada Bank.

Bank dapat memberikan pinjaman yang Anda butuhkan, ikuti persyaratan yang diberikan oleh bank maka anda akan berhasil mendapatkan pinjaman.

Kini mobil yang anda idam-idamkan bisa anda lihat parkir di garasi rumah anda.

Bank memang memberikan banyak kemudahan untuk masalah transaksi keuangan.

Walaupun begitu anda sebagai peminjam harus benar-benar mengetahui baik atau tidaknya pinjaman yang anda lakukan.

Jika pihak bank menyerahkan syarat dan ketentuan melakukan pinjaman, bacalah dengan seksama untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masa mendatang.

Kesalahan-kesalahan seperti ini terkadang muncul akibat kelalaian si peminjam.

Sangat diperlukan tindakan membaca secara hati-hati segala hal yang memerlukan tanda tangan dari anda. Semua bentuk tanda tangan ini dapat dijadikan berupa boomerang untuk peminjam jika terjadi sesuatu yang menimpa diri anda.

Tanyakan bagian-bagian yang tidak anda mengerti agar lebih memahami prosedur yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman mobil ke bank.