Kebutuhan anda yang semakin hari semakin bertambah membuat anda selalu berpikir bagaimana untuk mengatasinya.

Sebagai contoh, kendaraan bermotor yang sangat dibutuhkan untuk menunjang mobilitas anda sehari-hari, tuntutan profesi, atau kebutuhan keluarga mengharuskan anda mempunyai mobil.

Mungkin ini tidak akan bermasalah bagi anda yang mempunyai biaya lebih. Tapi bagaimana bagi anda yang mempunyai dana terbatas namun ingin membeli sebuah mobil?

Dana yang terbatas membuat anda harus memutar otak untuk mempunyai sebuah mobil.

Hal ini membuat perusahaan pembiayaan muncul di tengah masyarakat.

Hadirnya layanan jasa dari perusahaan pembiayaan (financing) memungkinkan anda melakukan pembelian barang dengan cara angsuran, sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan mobil impian anda.

Namun banyak anggapan yang muncul di tengah-tengah masyarakat kita, kemudahan dalam mendapatkan suatu barang -mobil, menjadikan masyarakat mempunyai pola hidup konsumtif.

Sebenarnya, hal tersebut terjadi karena banyak orang yang tidak memahami fungsi dari perusahaan pembiayaan dengan benar.

Perusahaan pemberi layanan keuangan yang satu ini bertujuan untuk menyediakan alternatif pembiayaan dalam pembelian barang yang anda butuhkan.

Sebuah kata “alternatif” seakan-akan menjadi luput dan menganggap perusahaan pembiayaan sebagai akses untuk melakukan berbagai macam kredit. Tidak peduli apakah barang yang ingin dibeli itu penting atau tidak.

Kesalahan persepsi tadi mungkin wajar saja terjadi karena keterbatasan pengetahuan anda akan perusahaan pembiayaan ini.

Untuk mengatasi pola konsumtif dan mengubah asumsi terhadap perusahaan pembiayaan (financing), lebih baik kita cermati kelebihan dan kekurangan dari perusahaan pembiayaan ini.

Kelebihan

1. Dapat Dicicil

Cara pembayaran angsur yang diterapkan oleh perusahaan pembiayaan membuat anda tidak perlu khawatir terhadap harga barang yang terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Anda tidak perlu melakukan pembayaran tunai untuk melunasi pembelian, melainkan cukup mencicil setiap bulannya hingga nilainya mencapai total nilai mobil yang dibeli, dan tentunya ditambah bunga dari perusahaan finansial tersebut.

Ketika pengajuan kredit anda disetujui oleh perusahaan, barang yang dibeli bisa langsung dibawa pulang. Anda tidak perlu menunggu pembayaran lunas.

2. Mudah dan Cepat

Perusahaan pembiayaan seringkali bekerjasama dengan dealer mobil yang hendak anda beli.

Hal ini memungkinkan anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapat persetujuan dalam membeli secara angsur.

Dalam proses ini tentu perlu ada persyaratan yang ditentukan oleh pihak penjamin biaya anda dalam membeli mobil.

Biasanya, persyaratan yang diperlukan cukup relatif sederhana seperti identitas diri atau slip gaji.

3. Bunga Terjangkau

Sudah menjadi anggapan umum ketika anda mendengar kata “bunga” dalam sistem kredit, kepanikan atau kekhawatiran anda sebagai nasabah akan muncul.

Namun anda tidak perlu khawatir karena besaran bunga yang akan dilimpahkan kepada anda dari pembiayaan kredit sangat kompetitif karena tetap mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).

Jika dibandingkan dengan meminjam kepada rentenir, bunga yang diberlakukan oleh perusahaan pembiayaan ini tentu jauh lebih rendah dan tidak akan menyulitkan anda.

4. Waktu

Waktu yang fleksibel untuk melunasi pembelian yang anda lakukan bisa didapatkan ketika anda menggunakan jasa dari perusahaan pembiayaan.

Maksudnya, tiap perusahaan pembiayaan menyediakan pilihan jangka waktu pelunasan yang keputusannya diserahkan kepada anda sebagai pengaju kredit.

Anda dapat memilih jangka waktu pembiayaan berdasarkan kesanggupan membayar nilai angsuran. Biasanya jangka waktu tersebut antara lain 12, 24, 36, 48 atau 60 bulan.

Semakin lama waktu pembiayaan maka semakin kecil juga angsuran tiap bulannya. Namun dengan jangka waktu yang lebih cepat, bunga yang ditentukan akan lebih rendah.

Kekurangan

Tadi kita sudah mengulas tentang kelebihan dalam menggunakan jasa pembiayaan untuk membeli mobil secara kredit atau angsur.

Untuk pengetahuan dan antisipasi, kita pun harus tahu bagaimana kekurangan jasa pembiayaan ini.

1. Denda

Sesuatu yang harus diingat, ketika anda menggunakan jasa pembiayaan ini.

Pastikan anda sanggup untuk membayar biaya angsurannya di setiap bulan, dan tanamkan rasa disiplin untuk membayar angsuran tepat waktu.

Jika hal tersebut tidak bisa anda lakukan maka bersiaplah untuk menghadapi denda.

Perusahaan pembiayaan akan memberikan denda kepada nasabah yang tidak membayar angsuran pada waktunya. Karena tidak ingin menanggung kerugian, denda yang diberlakukan bersifat harian dan akan terus diakumulasikan sampai anda membayar angsuran berikut dendanya.

2. Penyitaan

Perusahaan pembiayaan sudah menanggung pembayaran mobil anda, maka anda pun harus bertanggung jawab untuk melunasi sesuai nominal ditambah bunga kepada perusahaan pembiayaan.

Namun jika anda tidak melakukan pembayaran cicilan secara terus menerus, maka anda akan dihadapkan dengan sanksi yang lain.

Pada awalnya mungkin anda hanya akan dijatuhi denda setiap harinya setelah jatuh tempo (biasanya 3 hari setelah jatuh tempo), namun selanjutnya anda akan dikenai status kredit macet.

Jika anda sudah berada di kondisi yang demikian pihak perusahaan pembiayaan dapat menyita mobil anda, biasanya jika sudah lewat 2 bulan dari jatuh tempo.

3. Penalti

Setelah anda dihadapkan dengan dua sanksi sebelumnya (denda harian dan penyitaan), bukan berarti anda dapat melakukan pelunasan lebih awal untuk pembelian mobil anda.

Pelunasan lebih awal kepada perusahaan pembiayaan justru tidak akan memberikan anda potongan bunga ataupun harga.

Tapi sebaliknya, tindakan tersebut dinilai berpaling dari kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak (nasabah dan perusahaan), sehingga tindakan pelunasan itu dinilai sebuah pelanggaran dan menghasilkan hukuman penalti.

Sanksi penalti Ini sebenarnya sudah dijelaskan sebelumnya saat proses pembiayaan dilakukan.

Namun sebagai nasabah kita hanya menurut saja apa yang dikatakan oleh pihak perusahaan pembiayaan.

Kondisi tersebut terjadi karena mungkin tiap perusahaan menganggap anda sudah mengetahui informasi mengenai segala ketentuan di perusahaan pembiayaan, atau juga petugas sebagai wakil perusahaan pembiayaan tersebut lupa memberitahukan kepada anda tentang hal ini.

Sebagai masyarakat yang cerdas, kita sebagai nasabah pun harus mengerti dan paham tentang aturan, kelebihan dan kekurangan yang didapatkan ketika kita menggunakan jasa pembiayaan.

Jangan sampai mobil kesayangan anda hanya menjadi beban setiap bulannya karena angsuran yang harus dibayarkan.

Namun juga jangan menjadi masyarakat yang bingung ketika ingin mendapatkan mobil impiannya.

Segala kelebihan hendaknya dimaksimalkan sebaik mungkin, dan segala resiko diminimalisir guna bentuk antisipasi.