Katakan saja kamu membutuhkan sebuah mobil dengan harga yang terjangkau.

Sementara untuk membeli mobil yang masih baru, dibutuhkan biaya yang sangat banyak.

Ternyata mobil idaman kamu sudah ada yang bekasnya nih, Carmudian. Pada akhirnya kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas tersebut dengan segala kondisinya.

Membeli mobil bekas haruslah berhati-hati, misalnya saja saat kamu membeli mobil tersebut terjadi masalah-masalah yang tidak terduga seperti adanya kecelakaan, atau kerusuhan yang menyebabkan mobil kamu rusak.

Untuk menghindari ini kamu memutuskan untuk menggunakan asuransi. Tetapi kamu masih bingung dengan bentuk asuransi yang seharusnya kamu gunakan seperti apa. Apakah ada asuransi yang tepat untuk mobil bekas?

Jawabannya adalah tentu saja ada asuransi untuk mobil bekas.

Hanya saja ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang asuransi mobil bekas sebelum mulai mengajukannya.

Tipe mobil mempengaruhi biaya asuransi

Ketahui dulu sebelum menggunakan asuransi bahwa tipe dan jenis mobil dapat mempengaruhi biaya asuransi yang kamu gunakan.

Jika mobil yang kamu miliki termasuk ke dalam area “rawan” maka tentu saja biaya yang harus kamu keluarkan untuk asuransi akan lebih tinggi.

Rawan berarti jenis mobil yang kamu miliki adalah jenis mobil yang cenderung mudah dirusak dan dicuri. Karena adanya kondisi seperti ini secara otomatis asuransi yang kamu bayarkan lebih mahal, tetapi bukan berarti lebih mahal daripada mobil dengan status baru, Carmudian.

Mobil bekas tetap memiliki biaya asuransi yang cenderung lebih murah dibanding mobil baru.

Gunakan jenis asuransi yang tepat

Saat akan menggunakan asuransi kamu akan diberikan keleluasaan memilih jenis asuransi yang tersedia.

Karena pada kasus ini mobil yang kamu miliki adalah mobil bekas, pilihlah asuransi yang paling tepat.

Mungkin tidak seperti mobil baru yang banyak orang lindungi sedemikian rupa, kamu bisa memiliki jenis asuransi yang spesifik seperti TLO, perlindungan kerusuhan dan bencana alam, atau jenis asuransi lain yang banyak tersedia.

Pilihan ini harus dibuat berdasarkan fakta-fakta yang kamu dapatkan di lapangan.

Pertimbangkan jenis promo dan diskon

Salah satu cara memastikan bahwa kamu menggunakan asuransi yang tepat adalah diskon dan promo.

Asuransi yang memberikan kamu diskon dan promo saat walau dengan kondisi mobil yang bekas adalah pilihan yang tepat.

Adanya diskon dan tentu saja menguntungkan kamu sebagai pengguna asuransi.

Banyak pihak asuransi yang berbeda juga menggunakan biaya yang berbeda pada setiap tanggungan asuransi yang sama. Misalnya perusahan A dan B akan memberikan tanggungan yang berbeda dengan kerusakan yang sama pada suatu mobil.

Pilihlah perusahaan yang memberikan tanggungan yang paling besar untuk keuntungan kamu.

Selalu baca syarat dan ketentuan yang berlaku

Sebagai pengguna mobil bekas yang ingin memanfaatkan asuransi mobil, jangan pernah melewatkan bagian syarat dan ketentuan.

Syarat dan ketentuan ini dapat berupa pengajuan klaim, penggunaan asuransi dan syarat-syarat lainnya untuk bisa mengajukan asuransi.

Walaupun sederhana ini merupakan hal penting yang perlu kamu ketahui tentang asuransi mobil bekas, karena melalui hal ini kamu dapat mengetahui apakah mobil bekas mendapatkan ‘hak’ yang sama dengan mobil baru.

Kebanyakan orang cenderung melewatkan bagian ini padahal bisa saja kamu mendapatkan keuntungan jika mempertegas beberapa syarat atau bahkan kamu bisa rugi karena tidak memerhatikan pasal-pasal yang tertera pada saat pengajuan asuransi.

Estimasi biaya yang akan dikeluarkan

Buatlah estimasi biaya yang akan kamu keluarkan setiap bulannya.

Mulai dari pengeluaran bensin, servis dan juga asuransi. Penghitungan biaya-biaya ini akan memberi kamu kemudahan dalam melakukan rincian pembayaran kebutuhan lainnya.

Keuntungan dari memperkirakan estimasi biaya ini adalah kamu tidak akan kewalahan ketika harus membayarkan biaya-biaya lain termasuk asuransi yang anda pilih untuk digunakan.

Hal ini dikarenakan kamu telah memiliki tabel yang jelas untuk melakukan setiap pembayaran.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan list atau tabel yang memperjelas setiap jenis pembaran yang berbeda per bulannya.

Dari sini kamu akan mengetahui jumlah pengeluaran tiap bulan sehingga akan mudah melakuka pengaturan jika suatu saat kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi yang mungkin tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Cari tahu hal lain yang dapat mempengaruhi biaya

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa asuransi mobil bekas cenderung lebih murah, tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat harganya naik dari harga yang semula, seperti:

  • Mobil yang memiliki fitur-fitur seperti “tenaga turbo”, edisi terbatas. Jika kamu membeli mobil bekas dengan spesifikasi seperti ini, ada kemungkinan kamu akan diberikan biaya yang lebih mahal.
  • Jika ternyata mobil yang kamu idamkan tersebut merupakan bekas kecelakaan ataupun kebanjiran, atau bahkan pernah mengalami re-model. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan biaya yang signifikan, Carmudian. Selalu cek latar belakang mobil yang kamu beli apalagi mobil bekas, untuk menghindari kemungkinan adanya bekas kecelakaan atau bekas kebanjiran.
  • Walaupun mobil kamu adalah mobil bekas bukan berarti mobil tersebut tidak termasuk jenis mobil yang sering dicuri. Selalulah berhati-hati jika pilihan mobil anda merupakan jenis mobil yang paling sering dilaporkan hilang. Hal ini membuat pihak asuransi akan meningkatkan biaya asuransi kamu.

Latar Belakang Mobil

Sebelumnya telah dibahas bahwa latar belakang mobil bisa meningkatkan harga asuransi kamu.

Pengecekan latar belakang termasuk seperti bekas kecelakaan, bekas kebanjiran. Untuk memeriksa hal ini periksalah nomor rangka yang terdapat pada STNK atau BPKB kemdaraan kamu.

Pastikan bahwa nomor yang tertera adalah sama. Kemudian, cek juga apakah ada bagian-bagian yang terlihat seperti bekas perbaikan pada bagian rangka. Bawalah seseorang yang paham akan hal ini ketika kamu ingin membeli mobil bekas.

Setelah mengetahui kejelasan latar belakang penggunaan mobil, maka kamu bisa mengajukan asuransi yang sesuai dengan kondisi mobil kamu.

Pilih asuransi tambahan jika asuransi yang kamu gunakan tidak memberikan tanggungan terhadap jenis mobil yang pernah mengalami kecelakaan atau kebanjiran.

Carmudian boleh memilih untuk tidak menggunakan asuransi, tapi kamu juga harus bersiap menanggung segala resiko biaya ketika terjadi hal-hal yang tidak baik pada kendaraan anda.

Memberikan proteksi lebih dini dapat membantu kamu di kemudian hari.

Pastikan untung dan rugi kamu ketika menggunakan asuransi yang berbeda hingga kamu bisa menentukan mana yang terbaik untuk mobil bekas kamu dan mana yang tidak, Carmudian.