Keinginan untuk mengubah tampilan pada mobil bisa timbul kapan saja. Selama dananya ada, keinginan itu akan segera terwujud.

Penambahan atau kita sebut saja modifikasi biasanya terjadi pada bagian bodi atau ekterior seperti velg ban, kaca film, hingga ke dalam misalnya fitur GPS dan audio serta fitur hiburan lainnya. Lalu modifikasi tersebut menghabiskan biaya yang besar hingga ratusan juta rupiah.

Lantas bagaimana dengan resikonya?

Pertanyaan ini akan berhubungan dengan status asuransi kendaraan standar tersebut, apakah masih berlaku atau justru akan hangus?

Tidak perlu khawatir, pada dasarnya pihak perusahaan asuransi akan sangat kooperatif dengan para nasabahnya jika nasabahnya benar-benar bisa diajak kerjasama juga.

Seluruh modifikasi yang dilakukan hendaknya dilakukan oleh bengkel yang memiliki SIUP atau administrasi lainnya yang legal.

Hal tersebut akan lebih mudah proses asuransinya nanti.

Hal penting lainnya adalah simpan semua dokumen atau nota pembelian serta kartu garansi atas komponen yang telah dimodifikasi.

Bisa disimpulkan bahwa proses asuransi terhadap mobil modifikasi ini bisa dilakukan dengan lancar jika pemilik mobil memberikan laporan dan buktinya.

Sebutkan semua komponen yang ditambahkan pada mobil tersebut secara rinci.

Cantumkan dengan jelas merek, tipe hingga harganya. Perincian ini untuk menghindari oknum perusahaan yang berusaha mencari celah agar nasabah tidak bisa klaim suatu saat nanti.

Kategori modifikasi yang dilakukan juga harus diperhatikan, apakah tergolong ekstrem atau masih tergolong wajar.

Pihak asuransi akan melihat hal ini, biasanya perusahaan asuransi akan mau memberikan cover terhadap modifikasi yang wajar.

Namun untuk modifikasi ekstrem biasanya perusahaan asuransi hanya akan meng-cover setengah dari nilai penggantian atau bahkan tidak memberinya sama sekali.

Asuransi mengganti klaim sesuai kondisi saat tanda tangan polis atau survey awal.

Jika ada penambahan aksesori yang nominalnya di bawah 10 juta, maka akan masuk dalam pertanggungan awal. Jika penambahan aksesori di atas 10 juta, maka akan dikategorikan ubahan ekstrem yang kemudian akan dikenakan penambahan premi sebagai bentuk perluasan asuransinya.

Seputar Perluasan Jaminan Aksesori

  • Simpan semua nota pembelian hingga kartu garansi dari perangkat aksesori yang telah dibeli.
  • Segera menghubungi pihak asuransi jika anda telah melakukan pemasangan aksesori baru terutama untuk aksesori yang harganya mahal.
  • Jangan berharap penggantian secara full meskipun telah diasuransi all risk atas komponen yang tidak disebut dalam polis.
  • Lakukan perincian data aksesoris di dalam polis, seperti merek, tipe hingga harga

Kembali lagi seperti yang dijelaskan di awal, keinginan untuk mengubah tampilan mobil bisa timbul kapan saja.

Begitu juga keinginan untuk mengembalikan aksesoris yang menempel pada mobil ke bentuk semula (standar).

Maka dari itu, layaknya ketika mobil akan dilakukan modifikasi, lakukan pelaporan ke pihak asuransi.

Hal ini berhubungan dengan besaran premi yang dibayarkan. Dengan menghapus perluasan asuransi aksesoris mobil tersebut, jumlah premi yang harus dibayarkan pun kembali seperti semula.