Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda dengan negara lain dalam hal asuransi mobil. Apalagi kondisi jalanan dan kebudayaan dapat mempengaruhi perbedaan pelayanan yang diberikan oleh pihak asuransi. Contohnya saja negara Filipina dan juga Vietnam. Walaupun pemberian pelayanan yang diberikan mirip, tetapi selalu ada perbedaan baik persyaratan saat mengajukan asuransi atau bahkan saat mengajukan klaim.

Berikut merupakan contoh pengajuan asuransi yang dapat dilakukan di negara Filipina:

Filipina juga dikenal sebagai salah satu negara yang terkenal memiliki jumlah pengendara kendaraan roda dua terbanyak seperti Indonesia. Jadi ada kemungkinan besar Anda akan menemukan kemacetan yang mirip dengan yang terjadi di kota besar di Indonesia. Sangat wajar jika hal-hal seperti kecelakaan sering terjadi. Ini dia tipe-tipe asuransi yang bisa Anda dapatkan ketika bekerja atau tinggal di Filipina.

Asuransi Compulsory Third-Party Liability (CTPL)

Di Filipina, terdapat hukum yang mengatur mengenai kepemilikan asuransi saat berkendara. Salah satunya adalah CPTL ini. Dapat dikatakan bahwa memiliki asuransi jenis ini merupakan sebuah kewajiban ketika Anda membeli dan memiliki mobil di Filipina. Asuransi jenis ini mencakup perlindungan terhadap pengemudi juga terhadap penumpang yang mengalami kecelakaan. Penggunaan jenis asuransi ini juga melindungi dan memberikan anda tanggungan medis yang dikenakan kepada Anda. Sayangnya ini tidak berlaku untuk mobil yang Anda kendarai. Bahkan asuransi ini tidak akan menanggung biaya kerusakan yang terjadi pada mobil yang juga terkena efek dari insiden kecelakaan tersebut.

Asuransi Third-Party Property Damage

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak kegunaan dari asuransi ini. Asuransi ini berguna untuk menanggung kerusakan yang terjadi pada property termasuk atas kerusakan mobil lain, yang terjadi karena kesalahan Anda sebagai pengemudi. Tetapi menggunakan asuransi ini Anda tidak boleh mengeluh karena kendaraan Anda tidak akan ditanggung saat kecelakaan seperti ini terjadi. Jika Anda pengguna mobil bekas, mungkin pilihan asuransi ini akan sangat tepat jika Anda tinggal di Filipina, apalagi dengan mobil yang harganya mungkin dibawah dari harga pasaran yang ada. Karena Anda mungkin menemukan mobil yang lebih murah daripada biaya perbaikan yang muncul akibat suatu kecelakaan yang Anda dan kendaraan Anda alami.

Asuransi Third-Party Fire and Theft

Sama seperti namanya tentu saja asuransi ini berguna untuk melindungi Anda dari adanya kecelakaan seperti mobil yang terbakar atau meledak, atau terkena masalah curanmor. Para pelaku kejahatan yang berusahan mencuri dan akhirnya merusak mobil Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi. Di Filipina pun hal ini kerap kali terjadi sama seperti di Indonesia. Jadi jika Anda berencana untuk tinggal di Filipina dalam waktu jangka lama, tidak ada salahnya menggunakan jenis asuransi mobil ini.

Asuransi Comprehensive

Jenis asuransi ini merupakan jenis asuransi yang memberikan tanggungan paling banyak. Tanggungan paling banyak berarti Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam ketika memilih menggunakan asuransi jenis ini. Asuransi ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki mobil-mobil mewah serta orang yang menggunakan mobil mereka sebagai investasi. Sama seperti di Indonesia, Anda bahkan dapat menggunakan jenis asuransi tambahan seperti tanggungan terhadap kecelakaan yang terjadi karena alam.

Contohnya saja saat jika kendaraan Anda mengalami kerusakan karena terkena bencana alam seperti kebanjiran, gempa bumi, tertimpa pohon. Atau karena ulah manusia yaitu akibat dari kerusuhan yang terjadi di kota Anda. Bahkan barang-barang berharga yang mungkin hilang atau rusak yang terdapat pada mobil bisa ditanggung oleh pihak Asuransi. Pilihan yang tepat ketika Anda berada di Filipina.

Sedangkan jika dibandingkan di Indonesia, mungkin akan sangat berbeda dalam penamaan tetapi memiliki fungsi yang hampir sama. Hanya saja Indonesia tidak mewajibkan para pemilik dan pengendara mobil untuk memiliki sebuah asuransi seperti di Filipina. Untuk mengingatkan kembali, ada 2 jenis asuransi yang paling terkenal di Indonesia.

Asuransi Total Lost Only (TLO)

Asuransi Total Lost ini merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan di Indonesia. Penggunaan Asuransi TLO ini tidak hanya menanggung saat terjadi kehilangan tetapi juga menanggung kerusakan. Hanya saja tanggungan yang diberikan hanyalah di atas 75% saja. Memang jika dibandingkan dengan asuransi jenis lain, TLO terasa kurang bermanfaat, tetapi bukan hanya itu yang menjadi penilaian. Salah satu yang menjadi penilaian adalah biaya yang harus dikeluarkan. TLO cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan asuransi jenis lain.

Asuransi All-Risk

All Risk berarti asuransi jenis ini berfungsi untuk memberikan tanggungan terhadap kerusakan minor maupun major yang kendaraan Anda alami. Bahkan Anda bisa menggunakan perluasan asuransi jika Anda merasa bahwa tanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi belum mencakup kebutuhan Anda. Perluasan ini dapat berupa jaminan kerusuhan, tanggungan terhadap kerusakan karena bencana alam seperti gempa bumi, kebanjiran, tsunami dan banyak jenis lainnya. Hanya saja ketika menggunakan asuransi all risk Anda harus siap dengan biaya premi yang jauh lebih mahal ketimbang asuransi Total Lost Only (TLO).

Kebutuhan asuransi ini jelas berbeda pada setiap orang, untuk Anda yang akan tinggal dengan jangka waktu yang lama di Filipina, Anda dapat memilih salah satu asuransi yang ditawarkan. Memang hukum di Filipina mengatur ada jenis asuransi yang harus Anda ikuti ketika membeli kendaraan. Aturan hukum ini sebenarnya memberikan pengendalian yang lebih baik terhadap para pengguna kendaraan bermotor. Selain itu adanya jaminan dari asuransi dapat membantu para penggunanya untuk menanggung biaya-biaya yang mungkin muncul akibat kecelakaan di masa mendatang.