Carmudi.co.id
Carmudi.co.id App
Predict the Price of Your Vehicle
Get

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Efektif

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Efektif

Mobil merupakan salah satu jenis hal yang dapat diberikan asuransi, sama seperti jiwa. Pemakaian asuransi ini tentu saja untuk membantu para penggunanya menjaga kendaraan mereka tetap “sehat.” Terkadang biaya membuat banyak pemilik mobil harus berpikir dua kali untuk menggunakan asuransi atau tidak, apakah semua benefit yang ditawarkan oleh asuransi tersebut dapat digunakan atau malah hangus karena tidak pernah digunakan sama sekali. Jika anda sedang merasa bingung memutuskan untuk memakai asuransi mobil atau tidak, maka anda harus membaca tips memilih asuransi terbaik dengan efektif dan harga yang masuk akal berikut ini:

Cari Yang Anda Butuhkan Saja

Asuransi mobil bukan hanya sekedar berbicara mengenai perbaikan mobil ketika terjadi kerusakan. Penggunaan asuransi mobil juga berdampak pada keuangan anda. Bayangkan jika anda harus membayar ganti rugi kerusakan yang terjadi pada mobil dengan biaya pribadi, harga yang harus anda pakai bisa jadi sangat mahal. Harga ini memang selalu tergantung kerusakan yang terjadi.

Banyaknya asuransi yang ditawarkan bisa jadi membuat anda bingung. Untuk mengantisipasi hal ini, tanyakanlah kepada pihak asuransi mengenai apa-apa saja yang dapat dicover oleh pihak asuransi. Sesuaikan kebutuhan anda dengan kondisi jalanan yang harus anda lalui setiap hari. Penyesuaian ini dapat meringankan beban biaya asuransi yang harus anda bayarkan. Pilih layanan secukupnya yang tidak akan mengganggu keuangan anda.

Cari Tahu Perusahaan Asuransi Terbaik

Mudah saja memang kalau ingin mengajukan asuransi, tetapi yang paling penting dari kemudahan adalah mana yang dapat memberikan anda keuntungan lebih banyak. Lakukanlah pencarian reviu melalui internet mengenai jenis asuransi dan perusahaan apa yang menawarkannya. Di sini anda bisa melihat sendiri mengenai reputasi perusahaan tersebut.

Kumpulkan juga informasi mengenai asuransi mobil yang digunakan oleh saudara anda, teman dan kenalan anda. Informasi ini berguna sebagai pembanding asuransi yang berbeda. Anda dapat mengetahui baik dan buruknya sebuah asuransi dari jalinan informasi yang anda gunakan, tanyakan pula harga yang harus mereka bayarkan dan proses pengajuan klaim yang pernah mereka lakukan. Mudah saja sebenarnya, pilihlah asuransi mana yang memberikan keuntungan lebih banyak dengan persayaratan yang lebih sedikit. Tentu saja, yang paling utama adalah apakah harga yang akan anda bayarkan nanti, sesuai dengan keuntungan yang anda dapatkan. Belajar dari pengalaman orang lain merupakan hal yang sangat baik, Carmudian.

Tanyakan Detail Servis

Sebagai calon pengguna asuransi yang baru usahakanlah agar selalu kritis. Tanyakan apa saja yang ingin anda tanyakan berkaitan dengan asuransi yang akan anda pakai. Mulai dari jenis kerusakan yang bisa dicover oleh pihak asuransi, layanan tambahan, jenis kerusakan seperti apa yang pengajuan klaimnya akan ditolak, dan banyak hal lain yang mungkin terpikirkan oleh anda. Memang pada saat pengajuan asuransi anda akan diberikan polis oleh pihak perusahaan asuransi, tetapi terkadang ada beberapa poin yang mungkin anda tidak mengerti.

Tanyakan sejak awal agar tidak ada kesalahpahaman dalam pengurusan klaim di masa mendatang, terutama hal-hal yang berkaitan dengan biaya dan tambahan bayaran lainnya. Pastikan bahwa biaya yang akan anda kelaurkan sudah final tanpa ada lagi tambahan-tambahan biaya yang muncul secara tiba-tiba.

Tanyakan Diskon dan Promo

Bertanya mengenai kedua hal ini bukanlah hal yang memalukan Carmudian, tanyakan mengenai promo dan diskon yang sedang berlangsung. Terkadang promo ini memang tidak disebutkan sampai anda bertanya tetapi jangan lupa bahwa promo dan diskon ini tentu saja menguntungkan anda sebagai pengguna asuransi. Terkadang asuransi memberikan promo berupa program “Good Driver” di mana melalui program ini diharapkan para pengemudi dapat mengendarai kendaraan mereka dengan aman dan zero- accident. Siapa tahu anda bisa memenangkan award tersebut, Carmudian.

Periksa Sosial Media Dan Customer Service

Cara termudah memeriksa layanan keluhan pelanggan adalah dengan mengecek sosial media yang perusahaan asuransi tersebut miliki. Sosial media yang dimaksud berupa Facebook, Twitter juga Instagram. Melalui social media ini anda dapat mengetahui bagaimana respon pihak asuransi terhadap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Cek juga jangka waktu pihak asuransi menjawab keluhan yang ada. Apakah cepat, responsif dan memberikan solusi yang tepat untuk setiap keluhan? Sosial media bisa menjadi salah satu poin pertimbangan anda dalam memilih menggunakan suatu perusahaan asuransi. Seperti yang kita ketahui bahwa sosial media bisa menjadi wajah suatu perusahaan dan wadah anda menyampaikan keluhan.

Untuk pengecekan Customer Service, yang perlu anda lakukan hanyalah bermain peran dengan mencoba menghubungi nomor yang tertera dan lihat bagaimana respon mereka terhadap keluhan yang anda sampaikan. Jika menurut anda respon yang diberikan cukup bersahabat dan solutif, maka akan mudah menyampaikan keluhan yang lain di masa yang akan datang.

Menggunakan cara logis seperti ini dapat meyakinkan anda untuk menggunakan asuransi ataupun tidak, hasil yang anda dapatkan bisa berbeda-beda setiap kali melakukannya, Carmudian.

Seperti yang banyak orang katakan bahwa memilih asuransi memang terlihat merepotkan, tetapi dengan memilih secara berhati-hati maka layanan yang anda dapatkan akan lebih optimal dibandingkan dengan asal memilih. Terkadang asuransi terlihat tidak berguna sama sekali, sampai suatu saat anda menggunakannya dan mengetahui bagaimana asuransi ternyata dapat membantu anda dalam hal keuangan serta layanan perbaikan kendaraan. Apakah memilih asuransi masih terasa membingungkan, Carmudian? Ayo, pilih asuransi terbaik untuk kenyamanan anda dan kendaraan anda.